Sabtu, 03 Mei 2014

Laporan praktikum anfismen tes suara pernapasan normal

A.Tujuan
    Untuk membedakan dan mengamati macam-macam suara pernapasan normal.

B.Dasar Teori
   Suara napas adalah suara yg di hasilkan aliran udara yang masuk ke paru-paru pada waktu bernafas.pada pernapasan terjadi pusaran addies dan benturan turbulensi pada bronkus terjadi pusaran addies dan benturan terbulensi pada bronkus dan pusaran addies dan benturan turbulensi pada bronkus dan percabangan nya,getaran di hantarkan melalui lumen dan dinding bronkus.
pusaran dan benturan lebih banyak pada waktu inspirasi (menarik napas ) hal ini yang menyebabkan suara antara inspirasi dan ekspresi.
Suara napas ada 3 macam yaitu :
1.Suara pernapasan vasicular
   adalah suara napas yang terdengar sebagian sebagian besar di atas jaringan paru-paru dan keluarnya udara dari apru-paru.untuk memudahkan bedanya dengan suara bronchial,suara vasicular akan terdengar lebih keras pada saat inspirasi dari pada expirasi.
2.Suara pernapasan bronchial 
   adalah suara yang normal terdapat pada daerah bronchi yg besar dekat hilus pulmonalsi,sesuai dengan suara yang di timbul oleh hawa atau udara yang melalui pipa.suara mempunyai karakteristik yaitu suara expirasi lebih kuat/panjang dari pada inspirasi.suara broncial umumnya lebih kuat dari pada suara visculair baik pada expirasi maupun pada inspirasi.
3.Suara pernapasan broncho vesiculair
   adalah suara campuran antara bronchiali dan suara vesiculair kombinasi,fibrasi dari suara broncho vesiculair (200-500/detik) lebih cepat dari fibrasi suara vesiculair  (120/detik) lebih lambart dari pada suara bronchial (1000/detik).normal suara ini bisa do dengar apex pulmonum kanan,bronchus primer dan daerah interscapuller.
    Suara napas vesiculair  pada kedua paru normal dapat mengikat pada anak,orang kurus an latihan jasmani bila salah satu mengikat berarti ada kelainan pada salah satu paru,suara vesiculair melemah kemungkinan adanya cairan,udara,jaringan padat pada rongga pleara dan keadaan parocogi paru.
    Suara napas bronkial tidak terdengar pada paru normal,baru terdengar bila perlu menjadi padat.misalkan konsolidasi suara napas asmitih yaitu inspirasi normal/pendek di ikuti expirasi lebih lama dengan nada lebih tinggi di sertai wheeze.
frekuensi pernapasan normal
a.Bayi       :   25-50 kali tiap menit
b.Anak      :   15-30 kali tiap menit
c.Dewasa  :   12-30 kali tiap menit

 Gangguan pada pernapasan
1.Bradipnea           :Frekuensi pernapasan lambat 45 ab normal irama teratur
2.Talipnea              :Frekuensi pernapasan cepat yang ab normal
3.Hlperpnea           :Pernapasan cepat dan dalam
4.Apnea                 :Behenti bernapas
5.Hiperventilasi     :Sesak napas yg diakibatkan dr kegagalan vertikah lari
6.Hipoventilasi       :Pernapasan tampak sulit dan tertahan terutama saat akspirasi
7.Pernapasan biok  :Tidak terlihat pd kerusakan otak bagian bawah dan depresi pernapasan


C.Alat dan Bahan
  1.stetoskop
  2.Probandus

D.Cara Kerja
   1.Probandus di suruh tidur terlentang dengan tenangmdan kancing baju / pakaiaan atas di 
      buka.
   2.Dengan stetoskop kita dengarkan suara-suara pernapasan normal pada lokasi seperti di
      di bawah ini :
           a.suara penapasan vesiculair
              suara pernapasan yang terdengar sebagian besar di atas jaringan paru-paru
           b.suara pernapasan broncial
              suara pernapasan normal terdapat pada daerah trachae bronchi yang besar dekat 
              hilus pulmonalis
           c.suara pernapasan bronchial vesiculair
              suara campumpuran antara bronchi dan suati vesiculair kombinasi.

E.Hasil Pengamatan
                      
                                   SUARA PERNAPASAN NORMAL




NO

Suara Pernapasan Normal

Inspirasi

Eksipirasi

1

vesiculair

Lebih besar

Lebih kecil

2

Bronchial

Lebih besar

Lebih kecil

3

Bronchial vesicular

Lebih besar

Lebih kecil



ket : jadi tekanan yg paling kuat adalah bronchial lebih besar dari pada vesiculair dan vesiculair lebih besar dari pad broncho vesiculair.




F.Pembahasan
    Pernapasan normal adalah suara yang dihasilkan aliran udara yang masuk keluar paru-paru pada waktu pernapasan.
suara napas ada 3 macam yaitu :
1.Suara pernapasan vasicular
2.Suara pernapasan bronchial 
3.Suara pernapasan broncho vesiculair
Langkah awal yang dilakukan dalam praktikum kali ini adalah menyiapkan stetoskop,lalu probandus disuruh tidur terlentang buka jkancing baju atas lalu tempelkan stetoskop pada dada untuk mengetaui suara napas vesiculair lalu dengarkan pada saat inspirasi jadi probandus disuruh untuk menarik napas untuk mendengarkan suara napas ini. lalu suara napas bronchial lalu tempelkan stetoskop diletakkan pada bagian dada bawah.pada saat mendengarkan suara napas bronchial ini sebaiknya probandus pd saat ekspirasi
( mengeluarkan napas) karena suara napas bronchial akan terdengar lebih keras pd saat ekspirasi,kemudiaan yg terakhir adalah suara pernapasan broncho vesiculair suara ini terdengar lembut pada pulmo apek sebelah kanan.
     Pemariksa diawali dgn mengecek suara pernapasan vesiculair .merupakan suara pernapasan normal yg paling umum dan teerdengar hampir semua permukaan paru-paru,suaranya lembut dan peteh rendah,suara inspirasi lebih panjang /besar di banding suara ekspirasi yg lebih kecil,suara vesiculair bisa terdengar lebih besar apabila ada vensilasi yg cpt dan dalam (misalnya setelah berolahraga)atau pada anak-anak yang memiliki dinding dada yang lebih tipis suara vesiculair jg bisa lebih lembut jika probandus gemuk.
    Kemudiaan di lanjutkan dengan memeriksa suara pernapasan bronchial suara bronchial sangat nyaring,piteh tinggi dan suara terdengar lebih dekat dgn stetoskop terdapat gabungan antara fase inspirasi dan ekspirasi pada pernapasan dan suara ekspirasi terdengar lebih lama di bandingkan suara inspirasi.
     Setelah itu yang teakhir kita pemeriksa suara pernapasan bronchovesicular,merupakan suara pernapasan yg tingkat intensita dan pitehnya sedang,inspirasi dan ekspirasinya sma panjang tetapi suara inspirasi lebih besar di bandingkan saat ekspirasi (lebih kecil ),pada saat inspirasi dan ekspirasi pada percobaan ini merupakan respirasi dada karena mengukur perubahan ukuran dada ketika melakukan proses inspirasi dan ekspirasi proses inspirasi dan ekspirasi,pd percobaan ini dilakukan pengukuran pada dada tepat didaerah axila dan xipholid (daerah lurus dgn ketiak)mata hsl yg dpt pd ukuran dada ketika melakukan inspirasi lebih bsr dr pd ekspirasi,hal ini di sebabkan oleh proses inspirasi dan ekspirasi itu sendiri.pd proses inspirasi dan ekspirasi komponen organ yg terlihat sama tetapi berbeda pd komponen organ yg berbeda.
     Proses inspirasi merupakan proses memasukkan udara kedalam tubuh fase ini berupa berkontraksinya otot antara tulang rusuk shg rongga dada mjd lebih kecil dr pd tekanan di luar yg kaya oksigen masuk kedalam tubuh ketika memasukkan udara dlm tubuh rongga dada membesar tulang rusuk tertarik keatas dan otot diafragma lurus.sedangkan pd proses eksirasi merupakan proses mengeluarkan udara dr dalam tubuh.

G.Kesimpulan
  Bahwa suara Pernapasan normal adalah suara yang dihasilkan aliran udara yang masuk keluar paru-paru pada waktu pernapasan.
suara napas ada 3 macam yaitu :
1.Suara pernapasan vasicular
2.Suara pernapasan bronchial 
3.Suara pernapasan broncho vesiculair
 Dimana suara pernapasan bronchial lebih kuat dari pada pernapasan vesiculair,dan pernapasan vasiculair lebih kuat dr pd broncho vesiculair

H.Daftar Pustaka
    Buku petunjuk praktikum anatomi fisiologi manuisa


I.Lampiran
 
http://kampus-pengusaha.com/wp-content/uploads/2014/01/stetoskop.jpg

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar